education

Artikel seputar pendidikan, mendidik anak dan kebutuhan anak

Tips untuk menulis CV atau resume yang baik

Kesan pertama sangat penting. Saat Anda bertemu orang, Anda menimbangnya dalam hitungan detik. Apakah mereka terorganisir, dinamis, dapat dipercaya? Pengusaha yang membaca ‌CV Anda secara efektif 'bertemu' untuk pertama kalinya. Mereka bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang sama tentang Anda dan membuat keputusan mereka dalam hitungan detik.

Itulah sebabnya membuat kesan pertama yang benar dengan CV Anda sangat penting.

1 Buat CV Anda mudah dibaca.
Penelitian menunjukkan bahwa satu hal yang diharapkan perekrut di CV adalah kemudahan dibaca dan menarik . Dengan mudah dibaca, Anda menunjukkan keahlian yang dapat dipindahtangankan sejak awal: kemampuan untuk menyajikan informasi dengan cara yang koheren dan menarik. Cara membuat CV Anda mudah dibaca meliputi:

● ringkasan singkat tentang posisi Anda sekarang dan posisi yang ingin kamu tempati
● kalimat pendek dan paragraf
● judul yang jelas untuk bagian standar CV
● penggunaan poin yang baik
● tipografi yang sesuai

Gunakan tata bahasa yang enak dibaca.
Poin utama yang Anda tulis tentang pengalaman dan keterampilan Anda harus sesuai dengan yang dibutuhkan untuk pekerjaan seperti yang diiklankan. Cermin istilah kunci yang digunakan dalam iklan, namun hindari mengulangi kata demi kata apa kata iklannya. Temukan 'nada suara' yang tepat. Bahasa Anda tidak perlu terlalu formal-tapi jangan terlalu formal juga. Dan hindari jargon yang tidak perlu.

3 Presentasi adalah segalanya
Pikirkan CV Anda sebagai brosur periklanan: ini mengiklankan Anda. Ini harus secara visual menarik karena Anda dapat membuatnya. Paling tidak, itu harus rapi dan rapi. Menggunakan banyak tipografi yang berbeda akan membuatnya terlihat berantakan dan berantakan. Memilih tipe ukuran yang tepat juga penting.

Dan jangan sekali-kali mencetak CV dua sisi.

4 Jadilah ringkas namun informatif
Panjang standar untuk CV adalah dua halaman (pada lembar terpisah). Jika Anda menulis lebih dari itu, untuk kebanyakan pekerjaan itu tidak mungkin dibaca. Namun, jika Anda memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman kerja, CV Anda mungkin lebih lama. Tantangan Anda adalah untuk menyingkat pengalaman, riwayat karir, keterampilan, dan bakat Anda dengan cara yang paling efektif.

Setiap kata yang Anda gunakan harus dihitung, harus memiliki tujuan. Dalam CV, pendek itu bagus. Kata-kata pendek, kalimat pendek, paragraf pendek.

5 Edit CV Anda dengan teliti.



Pengusaha secara otomatis menolak CV yang berisi kesalahan ejaan atau kesalahan ketik. Inilah fakta, bukan hanya mitos yang ditemukan oleh guru dan dosen. Itu berarti Anda harus memastikan CV Anda benar-benar salah ketik dan memiliki tata bahasa yang benar.

Dan jangan mengandalkan spellchecker. Mereka menerima hal-hal seperti 'ada tanggung jawab termasuk' alih-alih 'tanggung jawab mereka'.

6 Verba dinamis membuat kesan yang baik
CV Anda harus menjelaskan apa yang telah Anda capai sampai saat ini. Itu akan memberi tahu perusahaan tentang apa yang bisa Anda capai. Kata kerja dinamis dan aktif menekankan pencapaian Anda.

Misalnya, 'Saya merancang dan menerapkan sistem baru' membuat peran aktif Anda sangat jelas. Menulis 'Saya bertanggung jawab atas sebuah sistem baru' akan menjadi ambigu: apakah Anda menciptakannya, atau apakah Anda hanya mengelolanya?

7 Ketahuilah apa yang harus disertakan, apa yang harus dikecualikan
Tidak ada pola yang ditetapkan untuk cv, namun semuanya harus mencakup hal-hal tertentu, seperti data pribadi dan keterampilan serta kualifikasi.
● Anda tidak diwajibkan untuk memasukkan minat Anda, meskipun orang biasanya melakukannya.
● Namun, jika Anda dapat mempresentasikannya dengan cara yang menyoroti keterampilan yang relevan dengan pekerjaan, termasuk manfaatnya.
● Tidak perlu menyebutkan kewarganegaraan Anda.

berikut contoh CV atau resume yang harus diperhatikan saat anda mengirim surat lamaran kerja/cv

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Tips untuk menulis CV atau resume yang baik
      Komentar(0)